Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

✓Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email - Jangan lupa bahagia!! yup kami juga bahagia karena Anda sudah mengunjungi situs Lemintu yang saat ini sedang Anda baca. Pada kesempatan yang asik ini kita akan mengulas menngenai Cara Mengirim Lamaran Lewat Email secara lengkap dengan harapan bisa menjawab rasa penasaran Anda.

Namanya juga mencari informasi, tentu dibutuhkan keterbukaan dari Anda, dalam artian bahwa apa yang akan kami jelaskan disini tentu membutuhkan sedikit waktu dalam membacanya baru bisa memahaminya. Untuk itu buka lebar-lebar pikiran Anda supaya dapat menangkap "pengetahuan" baru yang akan kami bahas sebentar lagi. Berikut penjelasannya.

Pembahasan Lengkap Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Di zaman serba modern seperti sekarang, semua orang yang ingin bekerja wajib mengetahui cara mengirim lamaran lewat email. Karena hampir semua perusahaan khususnya di bidang teknologi mewajibkan pelamar kerja mengirim resume melalui email.

Berbeda dengan dahulu, dulu orang yang tengah mencari pekerjaan akan mengirim surat lamaran kerja dengan memanfaatkan pos atau mendatangi perusahaan secara langsung. Tentunya hal tersebut terbilang tidak praktis, apalagi jika pelamar kerja berdomisili jauh dari perusahaan.

Namun, di zaman yang sangat peka akan teknologi ini, banyak perusahaan yang menginginkan agar resume dikirim melalui email.

Belum punya email? Buat sekarang pakai cara membuat email di hp

Pasalnya, hal tersebut terbilang praktis, baik untuk perusahaan maupun si pengirim. Untuk itu, pentingnya mengetahui cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar seperti di bawah ini.

Hal yang Dibutuhkan Sebelum Mengirim Lamaran

Apa saja persyaratan yang dibutuhkan? Umumnya seperti berikut:

  • Surat lamaran kerja, baik dalam bentuk Microsoft Word, Note, atau Acrobat PDF
  • Daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae)
  • Scan KTP
  • Scan ijazah
  • Scan sertifikat
  • Pas photo
  • Serta surat lainnya (permintaan perusahaan yang Anda tuju)

Tata Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Setelah persyaratan diatas telah terpenuhi, perhatikan juga hal-hal berikut:

  • Pastikan akun email yang Anda gunakan adalah email aktif. Anda bisa memakai email gmail, yahoo, outlook, atau yang lainnya.
  • Nama email yang digunakan baiknya sama dengan identitas pada resume, dengan kata lain bukan nama samaran.
  • Jika melampirkan data-data pendukung, gunakan menu attachment (simbol peniti).
  • Dapat menggunakan kolom CC (tembusan) atau BCC apabila diperlukan.
  • Semua berkas yang terkumpul tidaklah lebih dari 25 MB.

Alasan HRD Mengabaikan Lamaran

Pernah mengalami kejadian soal lamaran yang diabaikan? Hal itu biasanya terjadi karena Anda tidak memperhatikan persyaratan dari perusahaan yang Anda tuju.

Bagi Anda yang tidak menginginkan hal tersebut terulang kembali atau tidak ingin jika lamaran diabaikan, ikuti persyaratan dari perusahaan tersebut.

Etika dan cara mengirim pun harus Anda perhatikan. Selain itu, kesalahan penulisan pada surat lamaran juga dapat menjadi penyebabnya. Satu lagi, cantumkan juga posisi yang hendak Anda lamar, jangan tuliskan informasi yang tidak sesuai dengan apa yang hendak Anda lamar.

Perhatikan segala aspek dalam mengirim surat lamaran kerja via email agar cepat dipanggil oleh HRD sehingga lamaran tidak akan berakhir sia-sia.

Template Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Untuk lebih memantapkan Anda dalam membuat surat lamaran kerja, berikut akan Berakal paparkan body lamaran.

cara mengirim lamaran lewat email di laptop

1. Kepada (nama perusahaan yang Anda tuju)

2. Cc/ Bcc (apabila diperlukan)

3. Subject (alasan email dikirim)

4. Isi (alasan dibuatnya lamaran)

Dengan hormat,

Seperti infomasi yang saya peroleh bahwasanya di (nama perusahaan) terdapat lowongan pekerjaan. Saya memiliki keinginan untuk melamar dan menduduki posisi pekerjaan di perusahaan tersebut. Adapun bagian yang ingin saya tempati adalah (posisi yang hendak Anda lamar).

Ijinkan saya mengenalkan diri dalam data berikut ini:

Nama: (nama Anda)
Alamat: (alamat yang sesuai dengan identitas)
TTL: (tempat dan tanggal lahir sesuai dengan KTP)
Pendidikan: (pendidikan terakhir)
Telp: (nomor telepon Anda)

Sekarang saya dalam kondisi sehat tanpa sakit apapun, kondisi saya sempurna dan lincah dalam bekerja. Saya juga menguasai (bidang yang Anda kuasai untuk menarik perhatian HRD) dengan sangat mahir.

Bersama dengan surat ini, saya juga menyertakan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya yang diperlukan dalam bentuk lampiran yang dapat diunduh sebagai bahan pertimbang oleh Bapak/Ibu.

Besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan untuk menghadiri tes wawancara guna menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya,

(Nama Anda)

Anda dapat memanfaat perangkat berupa komputer, laptop, maupun smartphone dalam mengirim lamaran via email tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Berikut kami sajikan beberapa contoh surat lamaran kerja lewat email sebagai bahan referensi Anda.

1. Contoh Pertama

To: recruitment@buanabiru.co.idCc: ceo@buanabiru.co.id

Subject: Internal Web Designer (kode posisi)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapat pada website bahwa PT. Buana Biru sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Web Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ahmad Syamsudin

Alamat: Jln. Serigala, No. 3, Jakarta Barat

TTL: Bandung, 04 Januari 1991

Pendidikan: D3 Website Designer, Institut Seni Ciptakarya

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk attachment yang dapat diunduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 

 

Hormat saya,

Ahmad Syamsudin

2. Contoh Kedua

To: recruitment@parisboutique.com

Cc: –

Subject: Staff Marketing

Yth. Pimpinan SDM/HRD Paris Boutique

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama: Putri Talita

TTL: Bantul, 11 Mei 1990

Pendidikan Terakhir: S1 Ilmu Marketing

Alamat: Jl. Adipati No.98 Yogyakarta

Telepon: 089987261312

Status: Menikah

Berdasarkan info lowongan kerja yang dimuat di Harian Pagi di mana Paris Boutique tengah membutuhkan staff marketing, dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai staff marketing.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen pelengkap berupa daftar riwayat hidup, scan ijazah S-1 dan transkrip nilai, scan sertifikat kursus/pelatihan, dan pas foto 4×6 berwarna. Semua lampiran tersebut dapat Bapak/Ibu unduh dalam attachment yang ada di email ini.

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat sepenuh hati. Besar harapan saya untuk bisa bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

 

Hormat saya,

Putri Talita

 

Baca: Cara Mengirim Paket Lewat JNE

Demikian cara mengirim lamaran lewat email beserta dengan contoh yang dapat Anda jadikan sebagai bahan rujukan. Buatlah surat lamaran sejujur mungkin dengan dibumbui kata-kata yang menarik sehingga HRD tertarik untuk melirik Anda.

The post Cara Mengirim Lamaran Lewat Email appeared first on Berakal.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Penutup: Demikian pembahasan lengkap mengenai ✓Cara Mengirim Lamaran Lewat Email yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih karena sudah meluangkan waktu mampir ke situs Lemintu. Kami harap ulasan yang kami sampaikan diatas dapat menjawab rasa penasaran Anda tentang ✓Cara Mengirim Lamaran Lewat Email. Bila dirasa pembahasan ini membawa manfaat silahkan share ke teman-teman yang lain. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Post a Comment for "✓Cara Mengirim Lamaran Lewat Email"